Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

Universitas Surabaya Mendapatkan Anugerah Indonesia Green Award 2014

Rabu, 6 Agustus 2014

Pada tanggal 18 Juni 2014, bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Universitas Surabaya menerima penganugerahan Indonesia Green Award 2014 untuk kategori Green Campus. Penganugerahan ini adalah untuk yang kedua kalinya, setelah pada tahun 2012 juga menerima penghargaan yang sama.

Sebagai upaya untuk menjaga komitmen terhadap upaya pengelolaan lingkungan, mulai tahun 2013 Universitas Surabaya melalui Pusat Studi Lingkungan dan Pusat Studi Energi Terbarukan memliki program untuk menciptakan duta lingkungan (Green Ambassadors). Misinya adalah agar mahasiswa UBAYA bisa menjadi duta untuk kegerakan lingkungan baik selama mereka masih berada di kampus maupun setelah menjadi alumni. Dengan kondisi tersebut yang diharapkan adalah kontribusi UBAYA dalam melestarikan lingkungan bisa semakin luas, melalui mahasiswa dan alumni yang akan membawa pemikiran tersebut ke komunitas mereka. Program ini diimplementasikan melalui pembekalan ilmu dan teknologi lingkungan yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan masing – masing. Beberapa fasilitas fisik seperti pilot project energi terbarukan, modul ecological sanitation, wastewater garden, pusat pendidikan olah kompos, kebun organik dan lain sebagainya juga dibangun untuk mendukung realisasi program tersebut. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah upaya untuk membuka ruang beraktivitas bagi mahasiswa UBAYA di bidang lingkungan, ini dilakukan dalam wadah klub d’YoungGREEN (dYG). Klub mahasiswa UBAYA yang memiliki ketertarikan di bidang lingkungan dan energi terbarukan ini memiliki serangkaian aktivitas baik yang bersifat internal di dalam kampus maupun eksternal untuk komunitas luar UBAYA.

Melalui anugerah yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan dan Kementerian Perindustrian ini, ke depan diharapkan kesempatan mahasiswa UBAYA untuk berkontribusi di bidang lingkungan akan semakin luas. dYG sangat terbuka untuk melakukan kerjasama baik yang bersifat lokal, nasional maupun internasional.

Download Universitas_Surabaya_Mendapatkan_Anugerah_Indonesia_Green_Award_2014.pdf