Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

Program FORWARD untuk Indonesia

Selasa, 4 Maret 2014

PSL UBAYA:

Hari Rabu, tanggal 26 Februari 2014, Universitas Surabaya yang diwakili oleh Pusat Studi Lingkungan dan Pusat Studi Bisnis dan Industri diundang untuk menghadiri kick off meeting program FORWARD yang diadakan di kantor BAPPEDA Kota Sidoarjo.

FORWARD adalah singkatan dari From Organic Waste to Recycling for Development. Program ini diinisiasi dan didanai oleh SECO, Kementerian Ekonomi Pemerintah Swiss, dengan institusi pelaksana adalah SANDEC (Sanitation in Developing Countries) yang merupakan salah satu departemen dari EAWAG (Institusi Riset di Bidang Pengelolaan Air) Swiss. Program ini berfokus pada upaya pengelolaan sampah organik di kota berskala medium, lingkup aktivitasnya tidak hanya pada teknologi pengelolaannya namun juga pada aspek komersial dari produk olahan yang dihasilkan. Di Indonesia, program FORWARD akan diterapkan di kota Sidoarjo, Jawa Timur dan Pekalongan, Jawa Tengah. Dalam impelementasinya di Indonesia, SANDEC bekerjasama dengan berbagai institusi di tanah air diantaranya adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), beberapa institusi pemerintah lokal di masing – masing kota dan institusi akademis.

Komponen dari program terdiri dari beberapa aktivitas yaitu riset terkait dengan alur sampah padat organik dan analisa pasar (market survey) terkait dengan produk hasil olahan yang nantinya dihasilkan. Hasil riset ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan pengadaan fasilitas pilot plant, yang lebih jauh ketika hasil yang positif didapatkan akan dimultiplikasi pada area – area lainnya. Dengan program ini diharapkan ada beberapa manfaat yang didapatkan, diantaranya pengurangan resiko timbulnya/menyebarnya penyakit, pengurangan gas rumah kaca dan eutrofikasi serta pengadaan infrastruktur pengelolaan sampah padat organik yang lebih baik. Lebih dari itu, dengan program FORWARD ini kesempatan kerja berbasis kegiatan 3R (Reuse, Recover, Recycle) dapat dikembangkan. Dengan demikian upaya untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dapat diintegrasikan dengan aspek sosial dan ekonomi.

Untuk penerapannya di Sidoarjo, Universitas Surabaya akan menjadi salah satu partner kerja bagi SANDEC. Program ini juga memberi peluang bagi mahasiswa strata S2 dan S3 yang memiliki minat terhadap upaya pengelolaan sampah padat organic, baik dari sisi teknis maupun ekonomis.

Download Program_FORWARD_untuk_Indonesia.pdf