Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

dYG goes to Mangrove

Senin, 3 Maret 2014

PSL UBAYA:

Dalam rangka memperingati Hari Pohon yang jatuh pada tiap tanggal 27 November, d’YoungGREEN (dYG) mengadakan sarasehan di area mangrove, Wonorejo, Surabaya. Pada kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 7 Desember 2013 ini, anggota dYG melakukan pengamatan (observasi) tentang eksistensi hutan Mangrove di area Wonorejo. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan perahu menyusuri sungai di sepanjang aliran hilir sungai dan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di tengah hutan mangrove.

Setelah melakukan penyusuran, rekan – rekan dYG melakukan diskusi di gazebo yang terletak di pinggir pantai hutan mangrove. Diskusi menarik terjadi seputar keberadaan area hijau (hutan) di bumi, peran hutan Indonesia bagi pengelolaan lingkungan secara global, penebangan liar (illegal logging), dan fungsi esensial mangrove.

Melalui diskusi dan pengamatan lapangan yang dilakukan, anggota dYG mendapatkan wawasan dan informasi yang semakin bertambah, dalam hal ini terkait tentang pentingnya vegetasi sebagai penyeimbang ekosistem sekaligus sebagai penetralisir alami kontaminan yang dihasilkan oleh manusia. Mempertahankan atau bahkan menambah area hijau menjadi salah satu upaya yang sangat penting dalam mempertahankan kualitas lingkungan yang baik.

dYG adalah klub mahasiswa yang memiliki interest terhadap materi seputar energi terbarukan dan lingkungan. Berbagai aktivitas dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan terkait materi tersebut, untuk meningkatkan peranan mahasiswa dalam hidup berwawasan lingkungan dan untuk meningkatkan kontribusi bagi upaya pengelolaan lingkungan. Kunjungi page kami di : https://www.facebook.com/groups/dyg.ubaya/

Download dYG_goes_to_Mangrove.pdf