Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

PSL UBAYA Memperingati World Environment Day 2013

Rabu, 10 Juli 2013

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) diperingati setiap tanggal 5 Juni. Pada tahun 2013, United Nations Environment Program (UNEP) memilih “THINK.EAT.SAVE” sebagai slogan sekaligus topik besar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini. Topik ini mengacu kepada seriusnya problem yang muncul dari sampah makanan (food waste). UNEP mengidentifikasi bahwa jumlah sampah makanan yang dihasilkan rata – rata per orang adalah sebanyak 30% dari total jumlah makanan yang dikonsumsi. Besarnya jumlah sampah yang dihasilkan tentu akan menambah beban lingkungan untuk menguraikannya, lebih dari itu terjadi proses pemborosan energy dan bahan baku yang dipakai untuk menghasilkan produk makanan.

Turut memperingati Hari Lingkungan Hidup 2013 ini, Pusat Studi Lingkungan (PSL) bekerjasama dengan Pusat Studi Energi Terbarukan (PSET) Universitas Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan. Universitas sebagai wadah komunitas anak muda (mahasiswa) adalah tempat yang sangat potensial dalam menghasilkan sampah makanan dalam jumlah banyak. Melalui d’YoungGREEN (dYG), klub mahasiswa pemerhati isu energy dan lingkungan, PSL mengadakan kampanye lingkungan di internal kampus pada tanggal 5 Juni 2013. Target dari kegiatan ini adalah untuk mengajak civitas academica (mahasiswa, dosen dan karyawan) agar berpikir sebelum melakukan proses konsumsi – yang sesuai kebutuhan, sehingga tidak menghasilkan residu/sampah. Dengan berpikir terlebih dahulu sebelum menerapkan pola konsumsi, kita tidak hanya akan meminimalkan jumlah sampah makanan namun juga akan menghemat secara ekonomi, baik langsung maupun tidak langsung. Kampanye ini dilakukan dengan mendirikan Pos Informasi di depan gedung serbaguna fakultas Teknik, dimana disini civitas academica dapat melihat fakta – fakta tentang jumlah sampah makanan yang dihasilkan serta info tentang upaya pola konsumsi yang baik. Selain itu “Pohon Harapan” juga diletakkan pada gazebo di tiap fakultas, melalui media ini, civitas academica dapat menuliskan usul/komitmen tentang upaya pengelolaan lingkungan yang dapat diterapkan di internal kampus.

Selain kampanye untuk kalangan internal kampus, masih sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PSL dan PSET Universitas Surabaya juga menyelenggarakan seminar sehari dengan tema “Pengaruh Eksistensi Energi & Sumber Daya Alam Terhadap Keberlanjutan Sektor Bisnis – Industri”. Tujuan pengadaan seminar ini adalah untuk memberikan wawasan pentingnya pengelolaan sumber energi dan sumber daya alam yang bijak, karena eksistensinya dapat mempengaruhi pola aktivitas ekonomi. Dalam lingkup yang lebih luas, seminar ini memiliki misi untuk pembentukan Environmental & Energy Awareness yang semakin kokoh di kalangan masyarakat. Seminar yang diadakan pada tanggal 20 Juni 2013 ini diikuti oleh peserta dari kalangan bisnis – industri, instansi pemerintah terkait, institusi akademis dan pemerhati lingkungan. Sebagai narasumber ada 4 (empat) pembicara yang masing – masing adalah : Drs. Supoyo (Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur) yang menyampaikan materi “Antisipasi Kelangkaan Sumber Energi Konvensional : Strategi dan Kebijakan Pemerintah”, Prof. Ir. Lieke Riadi, PhD (PSL UBAYA) dengan materi “Paradigma Baru, Upaya Pengelolaan Lingkungan”, Prof. Hubert Gijzen (UNESCO Asia Pacific) dengan materi “Evaluation of Our Current Environmental Condition & Prediction Future Status : A Reflection” dan Drs. Kresnayana Yahya, MSc yang menyampaikan materi “Pengaruh Eksistensi Energi & Sumber Daya Alam Terhadap Keberlanjutan Sektor Bisnis & Industri : Antisipasi & Strategi Pelaku Usaha”

Materi yang disampaikan oleh para narasumber membentuk rangkaian informasi sekaligus pesan yang signifikan bagi para peserta. Mulai dari paparan tentang kondisi terkini kualitas lingkungan yang menjadi sumber utama penyuplai sumber daya alam (bahan baku) dan energi, antisipasi yang harus disiapkan oleh para pelaku usaha dan wacana tentang paradigm baru upaya pengelolaan lingkungan. Hal itu semua penting untuk direspon oleh semua pengguna sumber daya alam dan energi, bukan hanya untuk kepentingan pengelolaan lingkungan namun juga untuk mempertahankan keberlanjutan aktivitas usaha yang dijalankan.

PSL dan PSET UBAYA secara intensif mendiseminasikan wacana tanggap akan pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan energi yang efektif. Salah satu media untuk melakukan hal tersebut adalah melalui pengadaan seminar yang strategis. Seminar dengan target untuk peserta ekternal akan diutamakan bagi anggota PECII (Production Efficiency Club of Indonesian Industries) – untuk menjadi anggota silakan menghubungi kami via email di alamat : psl@ubaya.ac.id

Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mari kita terapkan perilaku dan pola konsumsi yang efektif menyelamatkan lingkungan !!


THINK.EAT.SAVE

Download PSL_UBAYA_Memperingati_World_Environment_Day_2013.pdf