Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

Partisipasi PSL UBAYA dalam BIO–INVENT 2013

Rabu, 10 Juli 2013

Pada tanggal 15 dan 16 Mei 2013, Universitas Surabaya bekerjasama dengan Grup Usaha Tan Chong yang berpusat di Malaysia mengadakan acara BIO-INVENT. Acara ini adalah sebuah even untuk memperkenalkan produk – produk inovasi berbasis riset yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di pasar global. Acara ini diadakan secara berkala oleh Grup Tan Chong dengan melibatkan para partner yang tersebar khususnya di benua Asia, untuk tahun 2013, Universitas Surabaya menjadi tuan rumah. Meyakini bahwa produk – produk berbasis pendekatan teknologi ramah lingkungan dan energi alternatif akan memainkan peranan penting pada masa mendatang, pada even kali ini perhatian khusus ditujukan pada area tersebut.

Pada BIO – INVENT 2013, PSL UBAYA berpartisipasi pada 2 (dua) sesi yang diadakan. Pada sesi seminar (15 Mei 2013), Prof. Lieke Riadi, PhD, peneliti senior PSL UBAYA mempresentasikan hasil riset terbaru di bidang energi alternatif. Pada paparannya, Prof. Lieke menyampaikan potensi pemanfaatan minyak goreng bekas (used cooking oil) sebagai bahan baku untuk memproduksi biodiesel sintetis dengan menggunakan teknologi ozon. Mengingat semakin terbatasnya sumber daya alam konvensional, tidak bisa dihindari upaya pengembangan sumber energi alternatif harus dilakukan untuk mempertahankan keberlanjutan pembangunan. Selain itu, pada expo yang dilakukan pada keesokan harinya (16 Mei 2013), PSL UBAYA juga ikut serta menampilkan sistem ecological sanitation. Sistem sanitasi yang memanfaatkan urine dan faeces dari manusia untuk material pengkondisi kualitas tanah ini secara pilot sudah diterapkan di Kampus UBAYA Trawas. Hasil yang didapatkan selama ini material pengkondisi tanah dari sistem ini dapat memberikan pengaruh posistif bagi tanaman yang dibudidayakan. Ide dasar sistem ecological sanitation adalah bahwa semua material memiliki potensi untuk dimanfaatkan sehingga demikian sebuah proses akan membentuk closed loop (siklus tertutup) dimana material buangan disatu proses dapat menjadi bahan baku bagi proses yang lain. Dengan sistem ini maka selain akan meminimalkan jumlah polutan yang terbuang, juga akan memperkaya pilihan pupuk organik yang bagus bagi pertanian/perkebunan.

Teknologi Hijau (Green Technology) akan semakin berkembang pada waktu – waktu mendatang, antisipasi terhadap kualitas lingkungan yang menentukan fungsinya sebagai penyuplai sumber daya alam dan energi harus dilakukan sedini mungkin. PSL UBAYA berharap dapat memberikan kontribusi terhadap upaya antisipasi tersebut.

Download Partisipasi_PSL_UBAYA_dalam_BIO___INVENT_2013.pdf