Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

Seminar Developing Youth’s Role in Green Enterpreneurship dan Workshop Teknik Pembuatan Kompos dan Daur Ulang Kertas

Selasa, 12 Oktober 2010

PSL UBAYA:

Pada tanggal 25 September 2010, Pusat Studi Lingkungan (PSL) Universitas Surabaya dengan dukungan dari KOMPAS dan One Med mengadakan Seminar Developing Youth’s Role in Green Enterpreneurship dan Workshop Teknik Pembuatan Kompos dan Daur Ulang Kertas. Seminar yang ditujukan untuk generasi muda ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta, perwakilan dari mahasiswa dan siswa SMA – beberapa guru juga ikut bergabung. Pada sesi seminar, Yunus Fransiscus selaku Kepala PSL UBAYA menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam upaya pengelolaan lingkungan. Hal ini disebabkan bukan hanya karakteristik generasi muda yang dinamis dan kreatif tetapi lebih dari itu generasi muda adalah generasi yang akan merasakan perubahan kondisi lingkungan pada jangka waktu yang lebih panjang. Kontribusi dalam upaya pengelolaan lingkungan itu sendiri dapat direalisasikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah melalui green enterpreunership. Topik green enterpreunership ini kemudian dibahas oleh Budiono yang memberikan berbagai contoh perintisan kewirausahaan di bidang lingkungan yang sangat menarik.
Pada kesempatan ini juga, Claudia Windasari mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya yang lolos babak final kompetisi Climate Smart Leaders (CSL), memberikan presentasi pendek tentang proyeknya membuat suplemen antihiperlidemia dengan memanfaatkan limbah kulit udang.
Dua jenis workshop yaitu teknik pembuatan kompos dan daur ulang kertas menjadi sesi yang tidak kalah menariknya bagi peserta. Proses pembuatan kompos dan daur ulang kertas ini dijelaskan secara bertahap sehingga dapat diikuti dengan mudah oleh peserta.
Dengan mengikuti rangkaian acara ini diharapkan minat dan kesadaran generasi muda untuk secara kreatif terlibat dalam gerakan perlindungan lingkungan dapat semakin meningkat.

Download Seminar_Developing_Youth___s_Role_in_Green_Enterpreneurship_dan_Workshop_Teknik_Pembuatan_Kompos_dan_Daur_Ulang_Kertas.pdf