Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

PENGGUNAAN ENERGI YANG EFISIEN DI PABRIK KERTAS

Rabu, 21 April 2010

PSL UBAYA:

Pada tanggal 4 Agustus 2009, perwakilan dari 3 pabrik kertas besar di Jawa Timur, yaitu PT. Adiprima Suraprinta, PT. Surya Kertas dan PT. Tjiwi Kimia berkumpul di gedung Hubungan Internasional Universitas Surabaya untuk berdiskusi tentang pemakaian energi. Pada diskusi terbatas ini, hadir 2 narasumber dari BPPT yaitu Ibu Widiatmini Winanti dan Bapak Wiharja.

Ibu Widiatmini memaparkan hasil penelitian BPPT yang menemukan bahwa sebagian besar industri tidak menggunakan energinya secara efisien, artinya ada sebagian (besar/kecil) yang terbuang secara percuma. Hal ini selain menjadi pemborosan bagi industri juga akan berkontribusi terhadap produksi emisi udara yang mencemari lingkungan. Saat ini upaya pemakaian energi yang bijak bukan hanya untuk meminimalkan potensi pencemaran udara tetapi juga dapat dikaitkan dengan proyek CDM (Clean Development Mechanism). CDM adalah proyek yang diturunkan dri kesepakatan internasional untuk mengurangi emisi karbon secara total di seluruh bagian bumi. Jika satu industri dapat melakukan pengehematan/saving energi yang dipakai, penghematan tersebut dapat diperjualbelikan. Ibu Widiatmini, yang akrab dipanggil Bu Menik menjelaskan untuk menuju ke proyek CDM, langkah awal yang penting untuk dilakukan adalah melakukan audit energi. Selanjutnya Bu Menik dan Pak Wiharja menjelaskan tentang langkah – langkah audit energi yang benar. Dalam hal ini BPPT menyediakan diri untuk bekerjasama dengan industri yang ingin melakukan audit energi.
Setelah itu, masing – masing perwakilan industri memberikan gambaran pemakaian energi di tempatnya masing – masing. Diskusi yang terjadi banyak di seputar tentang proyek CDM, teknik pelaksanaan audit dan kemungkinan kerjasama dengan BPPT dan PSL UBAYA. Setelah berdiskusi kurang lebih 2 jam para peserta sepakat bahwa audit energi adalah kebutuhan bagi mereka semua. Selanjutnya masing – masing industri akan memikirkan kemungkinan pelaksanaannya di tempat masing – masing.

Download PENGGUNAAN_ENERGI_YANG_EFISIEN_DI_PABRIK_KERTAS.pdf