Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail Berita

PECII GATHERING KE-2 DI TJIWI KIMIA

Rabu, 21 April 2010

PSL UBAYA:

Pada tanggal 15 April 2009, PECII (Production Efficiency Club of Indonesian Industries) menyelenggarakan gathering yang ke-2. Setelah gathering ke-1 yang sangat berkesan di AGRINDO, pada pertemuan ke-2 ini PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, Tbk bertindak sebagai tuan rumah. Sekitar 150 orang perwakilan industri anggota PECII menghadiri acara yang dibuka oleh Bapak Edwin selaku General Manager PT. Tjiwi Kimia. Beliau dalam sambutannya sangat mengapresiasi forum ini yang bisa dimanfaatkan oleh anggotanya untuk saling belajar demi kemajuan bersama, beliau berharap agar kedepan PECII semakin eksis dan produktif.

Diawali dengan penjelasan singkat tentang PECII, khususnya yang ditujukan bagi industri baru yang diundang, pada gathering kali ini tuan rumah memberikan presentasi yang sangat menarik terkait dengan upaya pengelolaan sampah padat dan modifikasi teknis di unit chemical plant. Sebagai industri besar, sampah padat menjadi permasalahan tersendiri bagi Tjiwi. Sebelum upaya pengelolaan dilakukan sampah padat dari masing – masing unit tidak terkelola dengan baik sehingga menimbulkan pemandangan yang tidak baik, lebih dari itu sampah yang sebagian besar masih memiliki nilai ekonomi terbuang percuma. Pak Jerry sebagai koordinator Tim Zero Emission, menunjukkan gambar – gambar kondisi sekarang bagaimana sampah padat dapat direduksi dan pengelolaannya berjalan sangat baik. Di unit chemical plant, modifikasi teknis dilakukan untuk memanfaatkan buangan dari sub unit satu menjadi bahan baku bagi sub unit yang lain. Setelah melalui proses riset intensif, unit chemical plant mampu melakukan saving yang signifikan. Selain tuan rumah, sharing juga disampaikan oleh Bapak Paulus dari SPINDO 1. Hasil – hasil kreativitas tim SPINDO 1 yang terkenal sangat kompak dipaparkan, hal ini mulai dari penghematan pemakaian air dan tali rafia yang nilainya tidak seberapa sampai ke optimasi pemakaian electrode, bandyzer dan pompa yang jika dikonversi ke rupiah nilainya cukup tinggi.

Pada kesempatan ini, Pak Wiharja dari BPPT juga hadir dan memberikan presentasi tentang program audit energi yang bisa diimplementasikan di industri – industri terutama yang pemakaian energinya besar. Program ini memiliki keterkaitan dengan proyek CDM (Clean Development Project) tentang emisi udara.

Acara gathering diakhiri dengan makan siang bersama. Sampai jumpa di gathering berikutnya !!!

(Informasi lebih lanjut tentang PECII silakan menghubungi Yunus di 031-2981155 atau psl@ubaya.ac.id)

Download PECII_GATHERING_KE_2_DI_TJIWI_KIMIA.pdf