Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail 'Tahukah Anda?'

Hari Penduduk Dunia -- 11 Juli

Kamis, 1 Juli 2010

PSL UBAYA:

Tahukah Anda bahwa tanggal 11 Juni diperingati sebagai Hari Penduduk Dunia? Hari Penduduk Dunia ditetapkan oleh dewan pemerintah di UNDP (United Nations Development Programme) pada tahun 1989 dalam rangka memusatkan perhatian pada pentingnya dan mendesaknya masalah-masalah penduduk dunia, yang diilhami oleh "Hari Lima Milyar", di mana penduduk dunia dinyatakan telah mencapai 5 milyar jiwa pada tanggal 11 Juli 1987.
Setiap tahun UNFPA memilih tema kampanye yang berbeda. Tahun ini, Hari Penduduk Dunia 2010 mengambil tema "Everyone Counts" (setiap orang berarti). Tema ini menekankan pada pentingnya data kependudukan untuk pembangunan, dan meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya data yang andal (reliable) untuk kemajuan pembangunan dan mendorong orang untuk berpartisipasi dalam sensus dan upaya pengumpulan data yang lain.
Menghitung penduduk merupakan bagian yang integral dari memastikan bahwa setiap orang berarti. Data demografis yang baik sangat penting untuk perencanaan pendidikan, sistem kesehatan, transportasi umum, dan merancang kebijakan berdasarkan perkiraan populasi masa mendatang, untuk memantau efektivitas pemberian layanan dan banyak lagi.
Data yang dapat diandalkan dapat membuat perbedaan. Kuncinya adalah pada pengumpulan, analisis dan diseminasi data dengan cara yang mendorong tercapainya proses pengambilan keputusan yang baik. Angka-angka yang muncul dapat menunjukkan trend (kecenderungan) yang penting.

Sumber: UNFPA (United Nations Population Fund)
UNFPA adalah sebuah organisasi internasional yang mempromosikan hak setiap wanita, pria, dan anak untuk dapat menikmati hidup yang sehat dan memiliki kesempatan yang sama. UNFPA membantu negara-negara dalam menggunakan data penduduk untuk kebijakan dan program dalam rangka mengurangi kemiskinan dan memastikan bahwa setiap kehamilan diinginkan, setiap kelahiran berlangsung dengan selamat, setiap orang muda bebas dari HIV dan setiap anak perempuan dan kaum wanita diperlakukan dengan harga diri dan kehormatan.
Motto: UNFPA - karena setiap orang berarti
Download Hari_Penduduk_Dunia____11_Juli.pdf