Pusat Studi Linkungan Ubaya

Detail 'Tahukah Anda?'

Tahun Internasional Energi Terbarukan

Kamis, 3 Mei 2012

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menetapkan 2012 sebagai Tahun Internasional Energi Terbarukan. Targetnya, pada 2030, semua orang di dunia sudah menggunakan energi dari sumber-sumber terbarukan.

Tujuan dari penetapan tahun 2012 sebagai Tahun Internasional Energi Terbarukan adalah guna meningkatkan kepedulian masyarakat dunia pada isu kemiskinan energi dan menunjukkan bahwa akses ke energi bersih, aman dan terjangkau bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tanpa adanya komitmen global untuk menggunakan energi terbarukan (Sustainable Energy), Lembaga Energi Internasional (International Energy Agency) memerkirakan, jumlah masyarakat dunia yang kekurangan listrik hanya akan berkurang dari 1,4 milliar pada saat ini menjadi 1,2 milliar pada 2030. Jumlah penduduk yang menggunakan sumber energi tradisional, seperti kayu, sekam, dedaunan dsb, justru akan naik dari 2,7 milliar saat ini ke 2,8 milliar pada 2030.

Kondisi Indonesia....
Indonesia masih tidak beranjak dari penggunaan energi fosil, campuran sumber energi (energy mix) Indonesia seperti tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional mencantumkan, pada 2025 penggunaan minyak bumi hanya 20 persen dari total konsumsi energi yang digunakan. Sedangkan gas alam 30 persen, batu bara 33 persen, biofuel (biodiesel dan bioetanol) 5 persen, panas bumi 5 persen, air 5 persen, dan sisanya sumber energi lainnya. Artinya, jika PBB menargetkan pada 2030 dunia harus sudah berganti ke sumber energi terbarukan, maka Indonesia sampai 2025 masih akan menggantungkan 83 persen energinya pada sumber-sumber konvensional.

Di Indonesia, akses terhadap listrik juga masih menjadi kemewahan bagi banyak orang. Pada 2011 saja, PLN baru akan menaikkan rasio elektrifikasi, keterhubungan orang dengan akses listrik menjadi 70 persen, karena di sejumlah provinsi di Indonesia Timur khususnya, rasio elektrifikasi masih di bawah 60 persen.

Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/2012-tahun-internasional-energi-terbarukan.html.

Download Tahun_Internasional_Energi_Terbarukan.pdf